10 Oct 2015

3 Penyebab WC Mampet / Penuh

Hari Minggu kemarin rumah kami mendapat bencana. yah, bencana. saat siklus pagi hari menyerang ditandai dengan perut mules tidak karuan. secepat mungkin berlari menuju kamar mandi.
ahhh, leganya. tinggal disiram. byuurr.. lho kok tidak mau hilang. siram lagi. masih tidak mau tenggelam. waduh.... WC MAMPET!
Saya coba periksa dan identifikasi sifat tidak mau tenggelamya feses itu. ada beberapa faktor yang menyebabkan WC menjadi mampet. yaitu :

1. WC PENUH



 desain umum septic tank. sumber



Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa ada dua ruang dalam septic tank. feses yang kita buang akan mengendap di ruang pertama dan lama kelamaan akan mengendap sebagai sludge (lumpur) tinja.

Nah, apabila volume lumpur tinja di ruang pertama itu sudah penuh, maka dipastikan WC akan mampet. air yang kita siram ke kloset akan mengalir lebih lambat, namun feses tidak akan tenggelam dari kloset.
Kalau masalahnya seperti ini, maka mau tidak mau septic tank harus dikuras.
 


2. LUBANG VENTILASI TERSUMBAT
lubang ventilasi septic tank. sumber
  
Lubang ventilasi pada septic tank berfungsi untuk melepaskan tekanan udara yang ada di dalam tangki. selain itu ventilasi berfungsi untuk melepaskan gas metana (CH4) yang terbentuk akibat proses anaerobic. 

[Baca : Bagaimana cara mengatasi wc yang mampet ?]


Pipa vent yang tersumbat bisa dicek dengan meletakkan tangan di depan lubang pipa, kalau terasa hangat dan ada aliran udara berarti pipa vent dalam kondisi normal. 

3. SUMBATAN DI LEHER ATAU BADAN PIPA



Image result for sumbatan di pipa kloset

Mampetnya wc juga bisa diakibatkan adanya sumbatan pada leher angsa atau saluran dari wc ke septic tank. sumbatan bisa berupa plastik, lumut, lumpur tinja yang mengeras selama jangka waktu yang lama.
Nah saya kira kondisi inilah yang terjadi di wc rumah. setelah mencari informasi sana-sini, maka saya mencoba metode yang ampuh.