14 Nov 2014

Pengalaman : Tahapan Tes Lamaran Pekerjaan di PT Sayap Mas Utama (WINGS)

Kali ini saya mau berbagi pengalaman proses yang saya hadapi selama mengikuti proses rekrutmen sampai ketrima di PT Sayap Mas Utama (Wings).

Logo PT Sayap Mas Utama. sumber : https://media.licdn.com


Oke, sebelumnya saya sejak semester 8 udah kerja di konsultan Amdal, anak TL pasti taulah tentang AMDAL. nah karena sifatnya free lance alias ngebut kalau ada proyek, akhirnya saya sebagai fresh graduate cari2 info lowongan yang berhubungan dengan bidang saya. Kebetulan jurusan saya environmental engineering, jadi kebanyakan info lowongan yang saya dapet di perusahaan tu di posisi HSE (Health Safety and Enviroment) dan mayoritas minta yang udah pengalaman atau punya sertifikat K3. Skip skip, 

nah di masa transisi (abis sidang akhir tapi belum wisuda) saya udah nyebar lamaran ke berbagai tempat, meski belum pengalaman saya apply aja, sapa tau dipanggil interview. Tapi kenyataannya gag satupun panggilan dateng. Salah satunya saya ngelamar di PT sayap  mas utama ini lewat SI SACITS.

Nah suatu malem, tiba2 hape saya bergetar dan waktu saya liat.




Yap, saya seneng banget. Itu adalah panggilan pertama dari perusahaan buat tes seleksi rekrutmennya.


Psikotes awal
Tanggal 23 pagi saya berangkat ke univ. Widya mandala. Disana ternyata ada 5 orang dr jurusan yang sama dengan saya. 
Oke, jam 8 saya masuk, terus sm HRD dijelasim apa itu wings dsb.
Jam setengah 9 tes dimulai. Ada tes sinonim, antonim, verbal and numerical reasoning serta tes gambar. Waktu itu nomer tes saya 46. Tesnya sekitar 2,5 jam. Setelah itu saya sama temen2 nunggu pengumuman sambil nongkrong di bakso taman bungkul.

Pukul 12.00 saya balik buat liat pengumuman yang lolos tahap pertama, dan alhamdulillah. Saya sama temen2 lolos tahap pertama dan lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu interview HRD. Dari pengumuman yang ditempel panitia saya dapat jadwal interview tanggal 27 september 2014. Peserta yang lolos psikotes diberi formulir CV yang harus diisi dan dibawa saat interview sama HRD.


Interview HRD
Hari sabtu tanggal 27 september jam 11.00. Saya berangkat ke gedung SAC ITS di ambition room lantai 2 buat interview. Nyampek disana udah ada 4 orang yang antri buat interview. Gag berapa lama nama saya dipanggil sama salah seorang HRD terus saya masuk.

Secara umum HRD nanyain hal-hal yang kita tulis di form CV. Jadi saya jelasin tentang mata kuliah, organisasi sm kegiatan-kegiatan yang saya lakuin selama kuliah. Selain itu HRD juga jelasin ntar kita kerjanya di posisi apa sama lokasi penempatannya dimana.  Habis interview saya dikasih tau kalau misal lolos maksimal 2 minggu setelahnya bakal ditelfon.

Nah selama 2 minggu itu saya nungguin telfon HRD sama sekali2 ikut tes2 di perusahaan lain. Setelah lewat 2 minggu saya udah gag berharap lagi buat lolos, ya udah ikhlasin aja lah. Tapi, pas hari senin tanggal 13 oktober saya dapat telpon dari HRD Wings kalau saya diundang buat interview user di kantor wings di cakung. Tempat dan petanya dikirim via email.

Interview User

Hari sabtu tanggal 18 oktober saya sama 2 temen berangkat ke jkt. Disana nginep dulu di rumah sodara temen saya tadi di daerah rawamangun. Oke skip2. 
Hari senin pagi, saya nyampek di kantor PT Sayap Mas Utama Cakung. Untuk posisi yg saya lamar hari itu jadwalnya cuma 3 orang, ya saya sama 2 orang temen saya itu. 

Awalnya kita masuk ke ruangan yang kalo gag salah namanya fres. Disitu kita ditemui HRD terus dikasih tau kalo nanti bakal diinterview satu2. Gag lama 2 orang user masuk dan memperkenalkan diri, karena interviewnya satu2 jadi diurutin sesuai abjad aja biar gampang, nah saya dapat giliran pertama.

Waktu interview, user nanyain hal2 tentang tugas akhir saya, dan kebetulan tugas akhir saya berkaitan sama pengolahan limbah gitu gan dan user tu di bagian WWTP  yaudah saya capcus aja cerita masalah limbah ke beliau. Gag terasa hampir sejam saya interview. Abis itu giliran temen-temen saya yang masuk ruangan.

Abis interview saya sama temen saya dipanggil masuk lagi ke ruangan, disitu HRD jelasin kalo  lolos interview user bakal diminta ikut tes psikologi di surabaya. Terus HRD minta tanggal yang lowong buat tes psiko. Abis dari kantor tu saya sama temen2 langsung balik lagi ke surabaya, tapi terpisah, saya naik bus. Nah, ditengah perjalanan, kalau ga salah jam 5 an sore saya ditelfon sama HRD dan dikasih tau kalau saya lolos interview user, terus minta tanggal buat psikotes lagi di surabaya, saya kasih tanggal 23 Oktober 2014.


Tes Psikologi Tahap II

Tanggal 23 Oktober 2014 saya ke tempat psikotes, lokasinya di universitas surabaya (ubaya)  di pusat layanan konsultasi dan psikologi. Awalnya saya kira cuma dari sayap mas utama aja ternyata ini satu kelas isinya dari macam2 perusahaan. Tesnya dimulai pukul 09.00 WIB, tes psikologi ini kayak tes-tes biasa, ada tes sinonim, analogi, numerical, dan gak lupa wartegg test, baum test, sama kraeplin buat kategori speedtest. 

Nah di akhir sesi ada epps test untuk kategori non speed test. Abis tes tulis masing-masing diberi jadwal untuk wawancara sama psikolog. Saya dapat yang pukul 13.50 WIB. Waktu ketemu sama psikolog tu ditanyain seputar pengalaman, kegiatan, terus life plan ke depan mau ngapain dsb. Saya sempet ditanya masalah limbah B3 jadi saya ceritain aja tentang permasalahan limbah B3 kayak penjelasan dosen dulu. Skip skip. Nah abis interview sama psikolog saya diminta untuk menunggu kira2 dua minggu nanti kalau lolos bakal dihubungi lagi.

Seminggu kemudian, tepatnya hari jumat tanggal 31 Oktober 2014, saya ditelfon sama HRD dari Wings. Saya dikasih tau kalau hasil psikotes udah diterima, ada kelebihan dan kekurangannya, tapi kesimpulannya saya diterima dan ditanyain bisa masuk mulai kapan. Nah karena saya musti ngurus syarat dan berkas di kampung halaman plus pamitan sama temen-temen dan konsultan maka saya minta mulai kerja tanggal 12 November 2014.

Yah begitulah pengalaman saya selama ikut rekrutmen di wings (sayap mas utama), semoga saya bisa dapet ilmu dan manfaat banyak selama kerja disana.